20 Jenis Ikan Mas atau Karper, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

jenis ikan mas

Jenis Ikan Mas – Bagi Anda yang mencintai sebuah estetika tentunya memiliki kriteria tersendiri bagaimana menghidupkan suasana rumah. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti mendekorasi ruangan, mengisi ruangan dengan tanaman-tanaman hias, atau bahkan menempatkan binatang-binatang mungil di dalam ruangan. Salah satu hewan yang dapat Anda jadikan peliharaan ialah jenis ikan mas atau karper.

jenis ikan mas

Kumpulan Macam Jenis Ikan Mas Termahal

Setiap daerah di Indonesia, nyatanya memiliki jenis ikan mas atau karper tersendiri. Dimulai dari yang memiliki kualitas biasa hingga kualitas unggul. Misalnya saja di daerah Jawa Barat jenis ikan mas yang dijadikan unggulan ialah ikan mas majalaya, meski di daerah lain tentu saja memiliki jenis ikan mas yang berbeda. Berikut akan kita ulas beberapa jenis ikan mas yang dapat Anda pelihara.

1. Merah

Ikan mas satu ini memiliki ciri khas tersendiri, diantaranya sisiknya yang memiliki warna merah keemasan. Memiliki bentuk badan yang relatif memanjang, posisi punggung yang relatif lebih rendah serta tidak lancip. Memiliki bentuk mata yang menonjol. Selain itu ikan mas merah dikenal lebih bergerak aktif dibandingkan jenis lain. Dan kesukaannya ialah mengaduk – aduk dasar kolam.

2. Yamato

Meski dapat dibilang kurang populer di negeri ini, namun ikan mas yamato sering ditemukan di beberapa negara di Asia Timur, seperti Cina ataupun Jepang. Memiliki ciri khas bentuk tubuh yang memanjang, serta memiliki sisik berwarna hijau kecoklatan. 

3. Kumpay

Memiliki nama yang cukup unik, jenis ikan mas atau karper satu ini memiliki beberapa ciri khas diantaranya memiliki sirip yang kesemuanya panjang serta berumbai sehingga nampak menawan ketka sedang bergerak – gerak. Memiliki bentuk tubuh yang memanjang, sisiknya yang memiliki warna beragam dari warna kuning, putih, hijau, hingga merah,

Meskipun begitu, ikan mas kumpay tergolong lambat dalam pertumbuhannya. Namun selain dimanfaatkan sebagai hiasan, ikan mas ini dapat pula untuk dikonsumsi. Masalah rasa jangan ditanya, Anda patut untuk mencobanya.

4. Fancy

Ciri khas yang dimiliki ikan mas satu ini adalah totol – totol hitam yang menyebar di tubuhnya. Memiliki bentuk tubuh yang sama dengan lainnya, yakni memanjang. Dengan ragam warna sisik yang dimiliki seperti kuning, merah, ataupun hitam sehingga membuat ikan mas ini dijuluki fancy.

5. Punten

Tak jauh berbeda dengan Namanya, ikan mas punten merupakan jenis ikan mas atau karper yang dikembangbiakkan di daerah Punten, Malang, Jawa Timur. Memiliki ciri – ciri unik diantaranya tubuh yang pendek, bagian punggung yang tinggi dan lebar sehingga ikan mas punten terkesan membuntal serta bulat.

Memiliki perbandingan antara panjang total dengan tinggi badan yakni 2,3 – 3,4 : 1. Sisik yang berwarna hijau gelap serta mata yang tampak menonjol. Namun ikan mas jenis ini memiliki sifat yang lebih jinak serta pergerakan tubuh yang lambat.

6. Taiwan

Jenis ikan mas satu ini memiliki keunikan tersendiri. Diantaranya memiliki warna sisik hijau kekuningan pada sebagian besar tubuhnya, namun pada area tepi dubur hingga bawah sirip ekornya berwarna kuning kemerahan. 

Selain itu ikan yang berbentuk memanjang ini memiliki bentuk punggung seperti busur yang cukup membulat. Banyak yang beranggapan bahwa asal muasal ikan mas ini berasal dari Taiwan, kemudian diperkenalkan dan dikembang biakkan di Indonesia.

Mengenai masalah makanan, ikan mas Taiwan cukup agresif dan responsif terhadap makanan. Tak heran jika sekumpulan ikan mas Taiwan akan saling berebut ketika diberi pakan.

7. Kaca

Ada yang cukup unik dari ikan mas satu ini, yakni hampir sebagian tubuhnya tidak tertutupi oleh sisik. Jika Anda cermati bagian yang tertutupi dengan sisik nampak bening layaknya kaca. Pada bagian sepanjang gurat sisi (line literalis) serta di sekitar area pangkal siripnya memiliki sisik yang berwarna putih. Sisik putih tersebut terlihat mengkilap, berukuran besar dan tidak seragam dengan yang lainnya.

8. Sinyonya atau Putri Yogya

Ikan mas satu ini merupakan jenis ikan mas atau karper yang kerap kali bertelur, sehingga tak heran jika orang – orang menjulukinya dengan sinyonya. Memiliki bentuk tubuh yang menggemaskan yakni memanjang (long bodied form) disertai bentuk punggung yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan mas punten.

Jika diukur, perbandingan antara panjang dengan tinggi badannya yakni berkisar antara 3,66 : 1. Memilliki sisik yang berwarna kuning cerah layaknya kulit jeruk sitrus, dengan mata yang menonjol ketika masih muda, namun perlahan menyipit ketika beranjak tua.

Ikan mas sinyonya memiliki karakter yang jinak serta sangat senang berkumpul dengan ikan – ikan lainnya di permukaan air. Ikan mas ini memiliki ketahanan terhadap parasit jenis Myxospora denga toleransi berkisar antara pH5,5 hingga 8,5.

Berbicara mengenai perkembangan ikan mas sinyonya, jumlah telur yang dapat mereka hasilkan berkisar antara 85.000 hingga 125.000 untuk sekali periode, dengan diameter telur 0,3 hingga 1,5 mm. indung ikan mas sinyonya betina akan matang kelamin pada usia 18 bulan, sedangkan untuk jenis jantan hanya memerlukan waktu 8 bulan saja.

9. Majalaya

Memiliki habitat asli di daerah Majalaya, Bandung, Jawa Barat, ikan ini pun diberi julukan ikan mas Majalaya. Dengan postur tubuh yang relative pendek serta punggung yang membungkuk juga lancip dibandingakn beberapa jenis ikan mas yang lain.

Jika diukur dalam rasio perbandingan antara tinggi badan dengan panjangnya, berkisar antara 3,2:1. Selain itu bentuknya yang semakin lancip kea arah punggung disertai moncong (mulut) yang berbentuk pipih.

Memiliki sisik berwarna hijau keabu – abuan dengan sisi bagian bawahnya berwarna gelap. Sedangkan pada sisi bawah insang dan juga bagian bawah sirip ekor memiliki warna kekuningan. Sehingga semakin ke arah punggung, warna sisiknya akan semakin gelap.

Karakter ikan mas Majalaya dapat dibilang jinak dengan kebiasaan berenag pada permukaan air. Selain itu, beberapa kelebihan yang dimiliki diantaranya, memiliki ketahanan terhadap infeksi bakteri Aeromonas hydrophila, memiliki laju pertumbuhan yang relatif progressive.

Disamping itu, ikan mas Majalaya merupakan jenis ikan mas atau karper yang  dapat dikonsumsi, sehingga tak heran jika memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, serta berprotein tinggi tentunya. Sedangkan mengenai perkembangannya, mereka memiliki fekunditas (jumlah telur) yang cukup tinggi, yakni berkisar antara 84.000 hingga 110.000 butir per kilogram induk. 

10. Kancra Domas

Jenis ikan mas atau karper satu ini memiliki postur tubuh memanjang, dengan sisik berukuran kecil yang tersusun secara tidak beraturan. Ragam warna sisik yang dimiliki diantaranya cokelat, hijau serta biru.

Jika diperhatikan, sisik punggungnya berwarna kegelapan, sedangkan semakin mengarah ke perut warna sisiknya menjadi ternag keemasan atau bahkan keperakan. Karakter dari ikan mas Kancra atau Domas cukup jinak tak jauh berbeda dengan sifat ikan mas Taiwan.

11. Lokal

Mengenai jenis ikan mas satu ini belum dapat diklasifikasikan pada rasa tau jenis tertentu. Namun ikan mas ini justru paling banyak ditemui di masyarakat atau sekitar kita, serta paling banyak dibudidayakan oleh para petani ikan beberapa waktu belakangan ini.

Memiliki ciri khas warna sisik yang merupakan kombinasi dari beragam jenis ikan mas yang telah ada. Disamping itu, bentuk tubuhnya memanjang namun memiliki mata yang tidak sipit. Besar kemungkinan apabila jenis ikan mas atau karper ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang tidak terkontrol pada kalangan masyarakat.

12. Mas atau Karper Koki

Jika kita berbicara mengenai ikan hias air tawar terpopuler, ikan mas koki jawabannya. Selain memiliki bentuk serta corak yang beragam, karakter yang dimiliki pun beraneka macam. Terdapat lebih dari 300 varietas ikan mas koki yang diklaim. Diantaranya ialah ikan mas koki jenis teleskop, memiliki ciri khas mata yang menonjol, seakan – akan hendak keluar dari kepala ikan. Selain itu ada beberapa jenis lain sebagai berikut.

  • Koki bubble eye

Kemudian jenis ikan mas koki bubble eye, dengan ciri khas mata normal yang dikelilingi dengan kantung berisi cairan besar layaknya balon pada bawah mata ikan mas tersebut.  Selanjutnya jenis ikanmas celestial atau yang biasa disebut dengan mata terbalik, memiliki bentuk bata yang hampir mirip dengan jenis teleskop, namun yang membedakannya ialah posisi mata yang terbalik mengarah ke atas.

  • Koki commom

Lalu terdapat jenis ikan mas atau karper varietas common, dimana mereka merupakan jenis yang paling tangguh  dari semua varietas yang ada. Ikan mas koki Common dapat berkembang dengan baik dalam berbagai keadaan maupun kondisi. Selain itu, mereka tidak selektif dan sangat responsive terhadap berbagai jenis makanan. Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk memberi makanan.

Ikan mas Common merupakan kerabat dekat dari ikan mas koki liar dimana perbedaan diantara keduanya ialah hanya warna. Mayoritas breed modern ikan mas fancy berasal dari jenis ikan mas common.

Dinamai Common karena tidak memiliki ciri khas khusus yang menonjol, memliki jenis mata normal, berbentuk tubuh streamlined, serta memiliki beragam warna dari merah, biru, orange, cokelat, hingga hitam.

Selanjutnya jenis ikan mas koki Comet, memiliki penampiln yang cukup mirip dengan jenis common sehingga beberapa orang kesulitan untuk membedakan keduanya. Comet memiliki bentuk tubuh yang lebih mungil dibandingkan Common, selain itu ciri khas yang mencolok, Comet memiliki ekor yang sangat panjang serta bercabang, sedangkan Common hanya memiliki ekor tunggal.

Tergolong kedalam ikan mas koki yang aktif sehingga membutuhkan banyak ruang untuk pergerakan serta merentangkan sirip panjang mereka. Biasanya orang – orang menaruhnya di dalam akuarium berukuran besar, atau bahkan di kolam.

Daya tahan ikan mas comet tergolong kuat sehingga sangat cocok bagi Anda yang merupakan pemula dalam merawat ikan mas koki.

  • Koki jikin

Kemudian terdapat ikan mas koki Jikin, memiliki bentuk tubuh yang tak jauh berbeda dengan common. Yang membedakan ialah ekor jikin dapat merentang indah terbagi menjadi empat bagian layaknya ekor burung merak. Ekor ikan mas koki jenis Jikin nampak seperti huruf X jika dilihat dari sisi belakang.

Corak warna yang dimiliki ialah putih pekat, disertai dengan enam titik merah pada area bibir, ekor, serta sirip. Karena memiliki warna yang cukup sulit dikembangbiakkan, membuat ikan mas Jikin tergolong varietas langka dan mahal.

Bahkan untuk mendapatkan warna yang estetik serta artifisial, Anda harus melakukan perawatan pada sisiknya, yakni dengan menghilangkan sisik mereka pada usia muda. Sehingga nantinya sisik itu tidak akan muncul lagi ketika dewasa dan hilang secara permanen.

Selanjutnya ikan mas koki Veiltail, memiliki ciri khas punuk yang mononjol, dengan ekor ganda yang menjuntai panjang namun tak bercabang dan berujung datar. Ekor dan sirip yang dimiliki sangat lebar sehingga nampak menggantung dari tubuhnya.

Namun sayangnya, dikarenakan siripnya yang begitu besar, membuat mereka tidak dapat berenang dengan baik. Selain itu, sirip mereka yang sangat halus menjadikan mereka harus dikembangbiakkan dengan ikan – ikan yang jinak, sehinggasirip mereka tidak rusak dikarenakan gigitan atau ornamen -ornamen tajam yang ada di dalam akuarium.

  • Koki oranda

Kemudian jenis ikan mas atau karper selanjutnya ialah ikan mas koki Oranda. Dengan tampilan badan yang unik berbentuk telur disertai tonjolan pada kepala yang menjadikan Oranda nampak seperti  raspberry. Oranda memiliki sisk berwarna matte padat, merah, putih atau bahkan metalik. Sedangkan warna yang paling populer ialah putih dengan tudung bercorak merah (oranda red cap).

Mayoritas ekor Oranda memiliki cabang, sehingga nampak melambi ketika mereka bergerak kesana kemari.

  • Koki ryukin

Selanjutnya ikan mas koki Ryukin. Diklaim sebagai ikan mas yang mirip dengan faintail Jepang, Ryukin memiliki bentuk punggung yang tinggi namun tubuh yang padat berisi. Karean bentuk punggung yang dimiliki tinggi dan menonjol, kepala mereka nampak runcing dibanding ikan mas bertubuh bulat lainnya.

Ryukin tergolong varietas yang tangguh dan memiliki daya tahan yang kuat. Memiliki pergerakan aktif serta dapat memakan segala makanan yang Anda berikan. Umumnya warna sisik yang mereka miliki diantaranya merah dan putih.

  • Koki Pearlscale

Lalu ada pula ikan mas koki Pearlscale. Memiliki nama demikian karena sisik yang dimiliki mirip Mutiara. Setiap sisik ikan mas Pearlscale memiliki titik tengah yang menonjol, umumnya berwarna putih pada ujungnya. Sehingga nampak mirip dengan Mutiara.

Meski begitu, ikan mas koki satu ini tidak mampu hidup dalam suhu udara rendah (dingin) seperti beberapa ikan mas koki lainnya, sehingga sebaiknya ditempatkan pada air yang bersuhu sedang. Ikan mas koki Pearlscale memiliki ekor ganda yang berbentuk telur, serta tubuh yang dalam juga bulat sehingga menyerupai bola golf.

  • Koki Lionhead

Varietas ikan mas koki selanjutnya ialah Lionhead. Memiliki ciri khusus tanpa sirip di punggungnya sehingga menjadikannya populer.selain itu tubuh mereka yang bulat layaknya telur, dengan punggung sedikit melengkung. Dengan bentuk tubuh yang bulat dan tidak memiliki sirip menjadikan mereka perenang yang buruk.

Maka sebaiknya mereka dipelihara dalam akuarium dengan komunitas ikan jinak yang tentunya tidak mengganggu pertumbuhannya. Selain itu Lionhead memiliki karakter sensitif sehingga harus hati – hati dalam pemeliharaannya.

  • Koki Pompom

Kemudian ikan mas koki Pompom. Memiliki bentuk tubuh yang cukup menarik, yakni adanya gumpalan daging yang menonjol pada hidung disebut juga dengan nasal bouquets, sehingga nampak seperti pompom.

Tubuh yang dimiliki tak jauh berbeda dengan Lionhead, yang membedakan ialah gumpalan pada hidung mereka, serta adanya sirip di punggung.

  • Koki Eggfish

Lalu terdapat ikan mas koki jenis Eggfish. Dimana ciri khas yang dimiliki ialah ekor maupun sirip mereka yang berukuran relatif pendek, dengan mata normal serta bentuk tubuh seperti telur, sehingga dijuluki dengan Eggfish.

Terdapat dua sub kategori eggfish berdasarkan panjang ekor yang dimiliki. Pada eggfish yang memiliki ekor pendek, maka mereka merupakan eggfish tradisional. Sebaliknya bagi mereka yang memiliki ekor panjang, disebut dengan eggfish phoenix. Dinamai dengan phoenix karena ekor yang mereka miliki tak jauh berbeda dengan bulu panjang milik burung mitos Phoenix.

Baca Juga: Jenis Ikan Sapu-Sapu, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Masih banyak aneka jenis ikan mas yang tersebar di penjuru dunia yang mungkin adalah pembagian dari jenis-jenis di atas. Tentu saja Dengan ragam warna, karakter, bentuk tubuh, serta keindahan yang mengagumkan, menjadikan orang-orang tak jemu untuk memelihara mereka. Selain itu terdapat pula beberapa varietas yang dapat dikonsumsi. Namun tentunya karena ini merupakan ikan hias daripada harus dimakan akan lebih baik jika dipelihara. Tentu akan lebih bermanfaat untuk menghiasi rumah Anda.

Written by Portal Hewan