in

20 Cara Budidaya Kerapu Cantang Bagi Pemula

Budidaya Kerapu Cantang – Langkah bisnis di era modern yang paling cocok dilakukan adalah budidaya. Bisnis ini bisa dilakukan semua kalangan entah pemula maupun berpengalaman. Tidak sedikit yang melakukan langkah ini karena cukup mudah tapi sangat menghasilkan. Hampir semua makhluk hidup bisa di budidaya, salah satunya adalah budidaya kerapu cantang.

Budidaya Ikan Kerapu Cantang, Ternak Kerapu Cantiang

Bagi yang suka makan seafood mungkin nama ini bukan nama yang asing karena hampir semua restoran psati menyediakan menu tersebut. Tidak heran jika mangsa pasarnya sangat banyak dengan hasil yang begitu menjanjikan. Nah, bagi yang ingin mencoba budidaya kerapu jenis cantang, anda bisa mengikuti ulasan ini karena akan dibahas secara lengkap.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kerapu Cantang

Kerapu cantang merupakan ikan jenis baru yang mempunyai tubuh unik dengan corak warna-warni. Jadi tidak heran jika kerapu ini mempunyai banyak peminat. Bahkan kerapu ini juga sering dijadikan hiasan rumah sebagai icon hias. Tidak heran karena warna cantik dan postur tubuh yang cukup unik

Kerapu cantang atau nama latinnya E. fuscoguttatus X Lanceolatus adalah benih hasil rekayasa hybrid antara induk betina kerapu macan dan juga induk jantan kerapu kertang. Artinya, ikan ini adalah hasil dua persilangan kerapu lain. Berikut adalah klasifikasinya:

Spesies : Epinephelus Fuscoguttatus

Kelas : Chondrichtyes

Sub Kelas : Ellasmobranchii

Devisi : Perciformes

Genus : Epinephelus

Ordo : Percomorphi

Dilihat dari bentuknya, sudah pasti morfologinya merupakan gabungan antara kerapu macan dan juga kerapu kertang. Kerapu macan mempunyai bentuk yang memanjang dengan silindris tubuh yang agak tinggi. Kulitnya juga penuh dengan bintik gelap yang lebih rapat. Sirip bagian dada berwarna merah. Sirip lainnya juga memilki tepi cokelat merah.

Mulut kerapu cantang lebih lebar dengan rahang bawah dan juga atas lengkap dengan gigi berderet dua baris. Ujung kuku juga lebih kuat dan lancip dibanding bagian kuku lain. Ujung kuku bagin depan dan luar merupakan kuku dengan tampilan yang lebih besar. Kerapu cantang biasanya hidup di wilayah Indonesia seperti Padang, Kepulauan Seribu, Sulawesi Selatan dan juga Bawean.

Cara Budidaya Kerapu Cantang

Budidaya ikan cantang tidak terlalu sulit sehingga bisa dilakukan oleh banyak pihak. Adapun langkah-langkah untuk membudidaya kerapu cantang adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Lokasi Yang Pas dan Strategis

Kerapu cantang merupakan jenis ikan yang membutuhkan media air laut untuk hidup atau budidayanya. Jadi wajar budidaya kerapu cantang yang anda lakukan harus menggunakan media tersebut. Adapun lokasi terbaik untuk membudidaya kerapu cantang adalah lokasi yang tenang dengan air yang tidak bergelombang.

Selain itu, pilih juga lokasi yang kedalaman air surutnya minimal 3 meter. Dasar perairan yang terbaik adalah batu dengan pasir didalamnya. Salinitas air laut yang terbaik untuk biudidaya kerapu ini adalah 29 hingga 32 ppt. Pastikan memilih lokasi budidaya yang tidak dekat dengan pelayaran karena mengganggu kenyamanan kerapu cantang saat dibudidaya.

2. Siapkan jaring

Bahan terbaik untuk jaring budidaya kerapu adalah polyethylene. Saat memelihara kerapu, anda harus menyiapkan beberapa media jaring dengan mata yang berbeda. Jadi usahakan menyiapkannya dengan baik sebelum berbudidaya kerapu cantang.

Supaya kerapu tidak terluka saat dibudidaya, hindari memilih jaring yang memakai simpul. Selain itu, siapkan juga jaring lebih dari dua ketika akan membudidayakan kerapu. Jaring tersebut digunakan untuk cadangan ketika melakukan operasionalnya

3. Siapkan perlengkapan

Saat budidaya kerapu jenis cantang, anda juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan. Pastikan menyiapkan perlengkapan selengkap mungkin supaya pemeliharaan bisa lancar dan tidak ada hambatan.

Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah generator, perahu, freezer dan juga kulkas, paranet penutup jaring, aerator. Anda juga membutuhkan mesin untuk menyemprot jaring hingga peralatan tambahan lainnya.

3. Menentukan dan memilih benih yang akan digunakan

Untuk budidaya ikan kerapu cantang, hal yang tidak bisa dilewatkan adalah pemilihan benih. Sudah pasti Anda harus memilih benih yang bagus dan unggul agar hasil budidaya lebih menjanjikan. Benih juga sangat menentukan bagaimana hasil budidaya yang Anda lakukan.

Dengan budidaya kerapu cantang yang bagus, penjualan tentu semakin bagus dengan pendapatan yang besar. Pastikan benih masih dalam kondisi yang sehat, tidak terkena penyakit dan mempunyai tubuh yang tidak cacat. Pastikan juga benih memiliki nutrisi yang bagus.

4. Melakukan penebaran benih

Ada strategi khusus untuk menebarkan benih kerapu cantang yang telah diseleksi. Penebaran benih ada baiknya dilakukan secara berkelompok sesuai umur dan juga jenis ikan tersebut. Hal tersebut bertujuan agar nanti ketika penyeleksian ikan, Anda bisa mudah untuk melakukannya.

Bukan hanya itu, langkah strategi seperti ini juga membantu untuk menangani penyakit pada ikan kerapu. Untuk penebaran benih ada baiknya di lakukan di pagi hari saja. Di waktu tersebut, ikan bisa mudah beradaptasi nantinya.

5. Memberi pakan yang berkualitas

Tahap budidaya yang tidak bisa dilupakan adalah pemberian pakan benih yang telah disebarkan. Pakan yang diperlukan kerapu cantang tidak terlalu sulit didapat. Ada baiknya memberikannya ikan rucah yang mempunyai kualitas terbaik dengan kondisi yang masih segar.

Sebelum memberi kerapu cantang makan, berikan vitamin mix terlebih dahulu supaya terhindar dari kematian mendadak ataupun kekurangan nutrisi. Pakan yang diberikan harusnya memiliki kandungan nutrisi yang baik supaya perkembangannya semakin sehat.

6. Proses pemeliharaan kerapu cantang

Budidaya kerapu cantang juga mencangkup pemeliharaannya. Setelah menebarkan bibit dan memberi pakan, pastikan memelihara ikan dengan baik hingga panen. Pastikan menjaga sirkulasi air, membersihkan jaring hingga mengganti jaring dengan rutin.

Ukuran ikan yang di budidaya juga akan terus berubah. Jadi, anda perlu menyeleksinya dengan baik. Pastikan menyeleksi kerapu satu bulan sekali. Pertumbuha ikan juga perlu dipelihara sebaik mungkin. Anda perlu mengelola kesehatan dan juga berat ikan dengan baik. Jika ada penyakit, segera cari solusi agar tidak mempengaruhi kerapu cantang lainnya.

7. Masa panen

Tahap terakhir saat membudidayakan kerapu cantang adalah panen. Sudah pasti ini adalah yang ditunggu-tunggu. Setelah melakukan pemeliharaan beberapa bulan, anda sudah bisa melakukan pemanenan untuk hasilnya.

Pastikan menentukan langkah panen sebaik mungkin saat budidaya kerapu cantang. Anda bisa memanen semuanya sekaligus atau beberapa ekor terlebih dahulu. Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi pastikan pilih sebaik mungkin.

Tahap Pembesaran Kerapu Cantang

Dalam tahap pembesaran kerapu cantang ada beberapa tahap yang perlu untuk diperhatikan. Tahap tersebut mempermudah budidaya kerapu sehingga hasil yang diberi semakin bagus dan menjanjikan. Adapun tahapnya adalah sebagai berikut:

1. Kualitas benih

Saat pembesaran, kualitas benih menjadi awal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sudah pasti pilih kualitas benih yang bagus dan tidak penyakitan. Tujuannya supaya hasil yang diinginkan bagus dan juga sesuai target yang diinginkan.

Ciri utama benih yang bagus adalah utuh tanpa ada cacat sedikitpun. Pastikan juga jika tubuh benih juga lurus tanpa ada yang bengkok. Jika benih disentuh, benih akan memberi respon gerakan yang cenderung cepat.

2. Kebutuhan pakan

Pakan menjadi bagian dari proses pembesaran kerapu yang tidak kalah penting. Kerapu cantang adalah jenis ikan karnivora. Pakan yang cenderung sedikit bisa membuatnya menjadi sosok kanibal. Artinya, berikan pakan yang cukup dan kualitasnya bagus. Jenis pakan untuk kerapu cantang ada dua, yakni pakan segar dan juga pakan pelet.

Frekuensi pemberian pakan saat benih masih kecil usahakan lebih banyak dibanding ketika sudah dewasa. pastikan persentase pemberian pakan juga sesuai dengan bobot tubuh icon tersebut. pemberian pakan juga cukup merata di seluruh perairan saja.

3. Target produksi

Target produksi adalah ukuran dan jumlah panen yang diinginkan. Umumnya target panen untuk budidaya kerapu cantang ada 0.5 kg per ekor. Namun hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pembudidaya.

Namun, jangan terlalu besar saat menargetkan produksi. Pasalnya bobot atau ukuran yang terlalu besar malah kurang diminati di pasaran. Pastikan menargetkan produksi seperti umumnya saja agar mendapat hasil yang bagus.

Tips Dalam Budidaya Ikan Kerapu Jenis Cantang

Budidaya kerapu memang mudah dilakukan sehingga pemula bisa mencobanya. Meskipun mudah dilakukan, hasil budidaya juga sangat menjanjikan sehingga tidak heran banyak yang mencoba budidaya kerapu cantang. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membudidaya.

Untuk melakukan budidaya kerapu jenis cantang, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Tips tesebut mencangkup pemilihan bibit hingga proses panen yang harus dilakukan nantinya. Adapun tips yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Saat menentukan lokasi, pilihlah lokasi yang berada di dekat air laut ataupun air tawar. Pastikan lokasi budidaya juga jauh dari industri, terbebas dari banjir dan juga erosi. Pastikan lingkungan yang dipilih juga terbebas dari pencemaran lingkungan. Kerapu cantang membutuhkan lokasi yang tenang dan terbebas dari polusi.
  2. Saat menentukan pilihan bibit untuk budidaya kerapu cantang, usahakan memilih bibit pembenihan secara mandiri. tidak heran karena bibit tersebut lebih berkualitas dan tidak mudah terserang penyakit ketika dibudidayakan. Selain itu, tidak cacat dan juga bisa mengatur sesuai kebutuhan. Hanya saja kekurangannya harus mengeluarkan dan yang cukup besar.
  3. Saat menebarkan benih, ada baiknya melakukan adaptasi terlebih dahulu supaya benih tidak stres. Anda bisa menaruh benih di wadah khusus beberapa jam sebelum dilepaskan di lokasi. Dengan begitu, benih mudah beradaptas dan akhirnya tidak stress.
  4. Pembesaran ikan kerapu menesuaikan pemberian pakannya. Saat memberikan pakan, usahakan tiga hingga 4 kali sehari. Tentu ini beda dengan jenis ikan lain yang cukup dua kali sehari saja.
  5. Supaya kerap cantang terhindar dari penyakit, ada baiknya memberi multivitamin supaya terjaga kekebalan tubuhnya. Selain multivitamin, anda juga perlu memberikan vitamin C.
  6. Untuk memastikan jika kerapu tumbuh dengan teratur dan serentak, anda perlu melakukan sampling setdaknya sebulan 10 kali. Jika ada kerapu yang mati, hitung berapa yang mati dan cari solusinya. Pastikan pemberian pakan juga teratur dan tidak terlambat saat budidaya kerapu cantang.
  7. Pastikan kondisi air untuk budidaya tidak kotor agar ikan bisa berkembang dengan baik. Dengan menganganti secara teratur, air bisa tetap segar dan terbebas dari penyakit.
  8. Saat memanen ikan kerapu, usahakan melakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai kerapu tergores ataupun terluka karena mempengaruhi permintaan pasar.

Analisis Usaha Budidaya Kerapu Cantang

Kelebihan Membudidayakan Kerapu Cantang

Semua jenis ikan yang dibudidayakan umumnya memiliki alasan tertentu. Alasan tersebut mencangkup beberapa kelebihan yang ada di target budidaya, termasuk kerapu cantang. Kenapa harus membudidayakan kerapu cantang di era sekarang? Tentu saja karena banyak alasannya. Bagi yang penasaran berikut kelebihan saat membudidaya kerapu cantang yang harus Anda tahu

2. Harga jual yang tinggi

Harga jual menjadi salah satu alasan kenapa budidaya ikan kerapu cantang harus anda lakukan. Dibanding ikan jenis lain, kerapu cantang termasuk salah satu ikan dengan harga jual yang tinggi. Artinya cocok untuk pembudidaya yang ingin mendapat penghasilan besar dari budidaya ini. Kerapu sendiri adalah hidangan di restoran sehingga wajar jika harga jualnya cukup tinggi dibanding lainnya.

3. Pertumbuhan yang cepat

Bukan hanya harga jualnya saja yang mahal, kerapu cantang juga memiliki pertumbuhan yang cepat.; Wajar jika para pelaku bisnis dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal dan ekspor dengan baik. Karena rotasi pertumbuhannya tidak terhambat sedikitpun. Dimana Anda sudah bisa mendapat hasil budidaya kerapu cantang di bulan ke tujuh.

4. Kebiasaan hidup

Ada yang unik dari kebiasaan hidup kerapu cantang. Dimana, kerapu cantang umumnya hidup di dasar perairan. Tentu ini sangat menguntungkan para pelaku budidaya. Karena saat volume air naik, ia tidak perlu takut jika ikan turut hanyut atau hilang. Bukan hanya itu saja, anda juga bisa menghindari proses pencurian yang kerap dilakukan orang tidak bertanggung jawab.

5. Mudah untuk dilakukan

Kerapu cantang termasuk salah satu ikan yang mudah dipelihara atau dibudidayakan. Tidak heran banyak pemula yang menerapkan budidaya kerapu cantang. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang sukses dengan uji coba pertama kali jenis kerapu ini.

Kekurangan Budidaya Ikan Kerapu Cantang

Ada kelebihan budidaya kerapu cantang, pastinya ada beberapa kekurangan melakukan budidayanya. Bagi yang ingin budidaya jenis kerapu ini, berikut beberapa kekurangan yang harus siap anda hadapi:

1. Keterbatasan bibit

Meskipun harga jual kerapu cantang cukup tinggi di pasaran, Sayangnya keterbatasan bibit menjadi kekurangan terbesar saat ingin membudidayakan kerapu ini. Selama ini para pembudidaya lebih suka mencari bibit kerapu sendiri di lautan dengan resiko yang cukup besar. Meskipun di balai pembenihan ada, tapi ukurannya cenderung kecil dengan harga jual yang cukup mahal.

2. Gagal panen

Kekurangan lain saat budidaya kerapu jenis cantang adalah sering gagal panen. Meskipun budidayanya cukup mudah tapi jika tidak dilakukan dengan baik sudah pasti akan gagal panen. Biasanya hal tersebut disebabkan karena penyakit, bencana alam ataupun rusaknya keramba hingga pencurian kerapu cantang di malam hari.

3. Penjualannya

Harga jual dari ikan kerapu memang tinggi. Sayangnya tidak sedikit pembudidaya yang kurang paham bagaimana cara menjual hasil budidaya tersebut. tidak heran karena pasarnya masih belum seluas ikan lain. Hingga sekarang, penjualannya masih dilakukan secara tradisional. Bahkan pembudidaya yang ada kenalan bisnis kuliner kerapu, ia menjualnya ke tempat tersebut.

Kerapu cantang adalah salah satu jenis ikan yang paling menghasilkan. Tidak heran karena kerapu cantang mempunyai harga jual yang cukup tinggi dengan pasar yang cukup menjanjikan. Belum lagi, budidaya kerapu cantang juga mudah dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

Bagi yang ingin mencoba membudidayakan kerapu cantang, anda bisa mencoba langkah yang di berikan sebelumnya. Saat membudidayakan kerapu cantang, usahakan tetap ulet dan rajin. Jangan mudah menyerah dan lakukan yang terbaik supaya hasil yang didapat pun menjanjikan.

18 Jenis Ikan Pedang, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

20 Cara Budidaya Ikan Gurami di Beragam Tempat