in

20 Cara Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Berbagai Media

Budidaya Ikan Mas – Ingin budidaya ikan yang paling menghasilkan? Jawaban terbaik adalah ikan mas. Ikan mas adalah salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan yang dikenal dengan sebutan karper ini sudah dibudidayakan tahun 1920 silam. Wajar karena cara budidaya ikan mas tidak terlalu sulit namun sangat menghasilkan dengan ekonomis yang tinggi. Belum lagi, ikan mas bisa tidak ribet dibudidayakan.

Budidaya Ikan Mas

Budidayanya bisa dilakukan di ember, kolam terpal, aquarius hingga kolam tembok. Ikan mas sering dikonsumsi karena tekstur daging yang melimpah, lembut dan enak dijadikan berbagai olahan. Karena alasan ini, tidak heran jika ikan mas memiliki harga yang tinggi. Agar Anda bisa mencobanya, simak beberapa cara budidaya ikan populer di Indonesia ini.

Cara Budidaya Ikan Mas di Ember 

Ingin membudidaya ikan mas tapi tidak punya wadah lahan yang luas? Tenang karena Anda bisa budidaya ikan populer ini di ember rumahan yang sering dipakai. Cara budidaya ini cocok untuk Anda yang kebetulan tinggal di kota dengan pekarangan yang sempit. Budidaya ikan di ember lebih sering disebut Budikdamber atau budidaya ikan dalam ember. Teknik budidaya ini bisa dilakukan dimana saja sesuai keinginan.

Tekniknya bisa disebut sangat mudah untuk dilakukan. Yang diperlukan hanya ember yang ukurannya kecil hingga bisa menampung 100 liter air. Kelebihan budidaya ini adalah bisa memanen ikan mas sekaligus kangkung yang kita tanam didalam ember tersebut. Untuk memulai budidaya, Anda harus menyiapkan alat dan bahan-bahannya terlebih dahulu

1. Alat dan Bahan Budidaya

Ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan sebelum budidaya. Contohnya, ember yang berukuran 100 liter. Selain itu, siapkan juga benih ikan mas berikuran 6 hingga 10 cm sebanyak 50 sampai 100 ekor, bibit kangkung, kawat kecil yang dapat dibengkokkan, arang, tang dan juga gelas plastik.

2. Langkah Pembeliharaan

Setelah menyiapkan beberapa alat dan bahan tersebut, berikutnya bisa membuat teknik budikdamber untuk memulai budidaya. Ikuti langkahnya seperti dibawah:

  • Lubangi gelas plastik bagian bawah yang telah disiapkan dengan paku atau solder. Kegunaannya untuk menyerap air saat ditanami kangkung.
  • Potong kawat lentur yang telah disiapkan sekitar 15 cm dan bentuk seperti huruf U supaya mudah dikaitkan ke ember. Sebenarnya bentuk kawat tidak harus melulu U, Anda bisa menginovasinya sendiri sesuai keinginan.
  • Berikutnya, isikan gelas dengan beberapa bibit kangkung yang telah dibuat tadi. Untuk bibit kangkungnya, diharapkan memilih yang telah ada bagian akar. Anda bisa membelinya di toko khusus yang ada di kota Anda.
  • Setelah mengisi gelas plastik dengan bibit kangkung, isikan gelas dengan sedikit arang. Ingat, jangan sampai penuh. Ada baiknya mengisi gelas dengan arang hingga setengah gelas saja.
  • Isi ember yang telah disiapkan dengan air secukupnya hingga garis ember saja. diamkan 2 hingga 3 hari supaya suhu air stabil.
  • Masukkan bibit ikan mas yang ingin dibudidayakan ke dalam ember. Satu ember berukuran 100 liter bisa diisi 50 hingga 100 ember.
  • Jangan lupa cantolkan kangkung di pinggiran ember dan usahakan bagian bawah gelas terendam air sampai setengahnya.
  • Kangkung yang Anda tanam bisa dipanen beberapa kali. Caranya tinggal memetik kangkung dibagian tunasnya saja.

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Ikan mas yang dibudidayakan di kolam terpal sangat populer dan banyak diminati masyarakat Indonesia. Wajar karena cara budidaya ini lebih mudah menekan kematian pada ikan mas itu sendiri. Bukan hanya itu, benih dari ikan mas yang disiapkan juga bisa berkembang dengan optimal disini. Dari segi finansial, biaya untuk membuat kolam terpal juga lebih ekonomis dibanding kolam semen atau kolam tanah.

Meskipun demikian, perlu persiapan yang matang supaya budidaya bisa lebih menghasilkan. Lantas, cara untuk membudidayakan ikas mas di kolam terpal seperti apa? Apakah sulit? Bagi yang penasaran, Anda bisa simak ulasan berikut:

1. Persiapan kolam

Tentu, Anda harus menyiapkan kolam terpal untuk budidaya ikan ini. Setelah itu, lanjutkan dengan pengisian air. Tidak perlu mengisi air sampai penuh, cukup setengahnya saja atau secukupnya. Setelah air dimasukkan ke kolam, tunggu setidaknya 7 hari agar air bisa stabil dengan ph yang pas. Supaya ph air terjaga, kurangi air dan tambahkan air secara berkala.

2. Pembibitan dan pembenihan

Setelah menyediakan kolam terpal, langkah berikutnya adalah memberi benih ikan mas. Anda harus memberi benih ikan mas ataupun calon indukan. Jika memilih memberi indukan, usahakan memilih yang unggul supaya benih yang dihasilkan berkualitas. Jika memilih bibit, usahakan memilih bibit dari indukan yang terpercaya dan berukuran sama.

3. Pemeliharaan

Setelah itu, pemeliharaan ikan mas yang dibudidayakan juga perlu diperhatikan. Banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk kualitas air kolam. Jangan sampai menyelepekan hal ini karena ada kaitannya dengan kelangsungan hidup ikan mas yang bersangkutan. Air kotor bisa menyebabkan ikan mati atau terserang penyakit.

4. Pemberian pakan

Skala untuk memberi pakan tergantung ukuran ikan mas yang dibudidayakan. Perhatikan umur ikan mas supaya bisa menyesuaikan pakan ikan yang seharusnya. Di skala ikan mas yang masih bibit, berikan pakan sehari dua kali, yakni pagi dan sore hari. Beri tambahan vitamin untuk meningkatkan daya tahan ikan mas.

5. Pengendalian penyakit

Usaha budidaya ikan populer seperti ikan mas memang sangat menggiurkan sehingga banyak yang ingin mencobanya. Namun sama dengan budidaya ikan lain, langkah budidaya jenis ikan mas juga penuh resiko. Tidak sedikit yang gagal karena tidak bisa mengantisipasi penyakit yang bisa menyerang ikan mas. Supaya tidak terserang penyakit, perhatikan kebersihan kolam dan jangan membudidayakan ikan mas dalam jumlah yang terlalu banyak di kolam terpal.

6. Panen

Untuk musim panen, banyak metode yang bisa dicoba, entah ingin memanen keseluruhan atau sebagian saja. Umumnya, bobot ikan mas yang sudah siap panen adalah 300 hingga 400. Jangan sampai terlalu berat karena akan menguras pakan Anda. Belum lagi harga jualnya tidak terlalu tinggi sehingga tidak sebanding dengan pemeliharaan ikan mas yang Anda lakukan.

Pemeliharaan Ikan Mas di Kolam Tembok

Ikan mas juga sering dibudidayakan di kolam tembok. Bagi yang ingin mencobanya, ikuti saja caranya seperti petunjuk berikut ini:

1. Persiapan kolam tembok

Untuk budidaya, Anda harus menyiapkan kolam tembok yang digunakan untuk budidaya terlebih dahulu. Kolam tembok tidak semuanya berbahan dari tembok atau beton. Karena hanya bagian dindingnya saja yang terbuat dari tembok. Sedangkan bagian dasar tetap dari tanah. Buat kolam dengan ukuran 8 m X 5 m X 1 m. Lakukan pengeringan kolam agar menghilangkan penyakit dan hama di kolam.

2. Pembuatan kakaban

Memasang kakaban didalam kolam sangat berguna karena untuk tempat menempel ikan mas. Pasalnya sifat ikan mas yang mengapung di permukaan air. Jarak untuk pemasangan kakaban disetiap kolam bisa disesuaikan dengan pilihan masing-masing, Anda bisa membuatnya dengan jarak 5 cm dari permukaan air atau 35 cm antar kakaban.

3. Mengisi air kolam

Setelah kakaban disiapkan, berikutnya mengisi air ke kolam tembok tersebut. kami sarankan menggunakan air dari hasil irigasi agar lebih stabil dan tidak merusak kualitas bibit ikan mas. Isi kolam dengan air hingga ketinggian 5 cm dari kakaban yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, diamkan beberapa hari hingga plankton muncul di air tersebut.

4. Penebaran bibit ikan mas

Budidaya ikan mas berikutnya adalah di penebaran bibit ikan mas tersebut. Bibit yang ingin dibudidayakan tidak langsung disebar ke kolam tembok. Hanya saja ditunggu dan diletakkan di ember yang telah berisi air kolam tersebut. Setidaknya tunggu beberapa jam supaya bibit mulai beradaptasi. Selanjutnya, baru bibit ikan mas disebar ke kolam. Ada baiknya menebarkan bibit di pagi atau sore hari.

5. Pemberian pakan ikan mas

Di hari pertama dan kedua setelah penebaran bibit ikan mas, ikan hanya akan makan orgasme yang hidup di kolam. Selanjutnya, Anda bisa memberikannya pelet yang berisi kandungan 20% protein, 15% karbohidrat dan 20% lemak. Berikan pakan setidaknya 3 kali dalam sehari, pagi, hari, siang hari dan juga malam hari supaya ikan cepat besar.

6. Panen

Setelah beberapa bulan, ikan mas sudah siap untuk dipanen dengan bobot 300 hingga 600 gram. Ingat, jangan memanen ikan lebih dari bobot tersebut. Biasanya kurang diminati oleh pasar. Belum lagi pemberian pakan yang Anda perlukan akan lebih banyak sehingga boros. Panennya ikan mas bisa dilakukan dengan keseluruhan atau sebagian.

Cara Budidaya Ikan Mas di Aquarium

Budidaya ikan, termasuk ikan mas bisa dilakukan dimana saja, termasuk akuarium. Budidayanya bisa dilakukan untuk sekedar penghilang stress atau penghasil tambahan.  Budidaya di aquarium juga tidak terlalu sulit, bahkan terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Bagi yang ingin mencoba budidaya ini, Anda bisa mengikuti tahap berikut:

1. Menyiapakan akuarium terlebih dahulu

Untuk memulai budidaya, Anda harus menyiapkan akuarium yang menjadi wadah budidaya yang ingin Anda lakukan. Gunakan akuarium seadanya. Namun jika ada, pilih akuarium dengan panjang 50 cm, tinggi 40 cm dan lebar 40 cm. ukuran akuarium tersebut dinilai sangat pas karena tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

2. Pilih jenis ikan yang ingin dibudidayakan

Banyak ikan mas yang dibudidayakan sesuai jenisnya. Biasanya yang paling banyak adalah ikan mas koki karena dianggap lebih menggiurkan dan banyak dibutuhkan masyarakat. Anda bisa fokus budidaya jenis ikan mas koki sebelum merambah ke budidaya ikan jenis lainnya. Setelah menentukan jenis ikan, berikutnya dengan mengawinkan jantan dan betina ikan mas tersebut.

3. Mengawinkan indukan ikan mas

Untuk mengawinkan indukan ikan mas tidak terlalu sulit tapi jangan asal-asalan. Anda bisa menaruh ikan mas di akuarium yang telah ditanami eceng gondok. Tanaman eceng gondok memberi kenyamanan ketika ikan mas kawin dan digunakan untuk tempat menaruh telur. Satu ikan mas jantan bisa membuahi dua ekor ikan mas betina.

4. Perawatan anakan ikan mas

Telur yang telah dibuahi selanjutnya akan menetas menjadi larva selama 2 hingga 4 hari. Jika ada telur yang tidak jadi alias tidak menetas segera angkat saja. Pasalnya telur ikan mas tersebut akan busuk dan akhirnya mengurangi kualitas air yang ada di akuarium. Karena populer ikan mas di akuarium bisa meningkat, ada baiknya menambahkan aerator untuk menambah oksigen didalam air.

5. Pemberian pakan ikan mas

Tahap yang tidak boleh dilupakan saat budidaya ikan mas adalah pemberian pakan ikan mas tersebut. Untuk bibit yang baru berumur beberapa hari tidak diberikan pakan tambahan karena sudah memakan orgasme hidup didalam akuarium. Pemberian pakan pada ikan mas bisa dilakukan setelah 1 minggu setelah ikan hidup. Anda bisa memberikannya pelet setiap dua kali sehari, pagi dan sore hari.

5. Panen ikan mas

Tentu saja ini yang ditunggu-tunggu oleh pembudidaya ikan mas. Ya, waktu panen tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu karena menerima apa yang kita lakukan di budidaya. Anda bisa memanen ikan mas ketika sudah berbobot 300 hingga 600 gram. Bobot tersebut adalah bobot palng ideal dari ikan mas untuk waktu panen. Jangan sampai kurang atau lebih karena tidak diminati oleh pasar.

Rincian Pakan Ikan Mas dan Harganya

Saat budidaya ikan mas, ada banyak pakan ikan mas yang bisa ditemui. Setiap pakan memiliki kandungan berbeda yang membuatnya banyak dicari pembudidaya ikan mas. Pastinya pemberian pakan yang cocok menambah pertumbuhan ikan mas. Apa saja pakan ikan mas yang ada? Bagi yang penasaran, berikut rincian pakan ikan mas yang sering digunakan:

  • Cacing sutera

Biasanya pakan ini diberikan kepada anakan ikan mas agar tumbuh cepat dalam waktu yang singkat. Cacing sutera memiliki warna merah muda dengan ukuran yang cukup halus. Sayangnya, cacing sutera juga sering memberi penyakit terhadap ikan mas. Jadi ada baiknya membersihkan ikan sutera sebelum memberikannya kepada ikan mas. Rendam saja cacing di air bersih hingga 3 hari. Harganya sekitar 20 ribu per bungkus.,

  • Cacing tanah

Jenis pakan ikan mas ini mempunyai kandungan protein yang sangat bagus untuk menambah perkembangan cacing tanah supaya tumbuh ;lebih cepat. Cacing tanah termasuk pakan yang paling sering diberikan kepada ikan mas karena sangat disukai. Jenis pakan ini yang paling populer dan dikenal banyak pembudidaya. Jangan lupa cuci ikan mas terlebih dahulu sebelum diberikan.

  • Sekam padi

Ikan mas termasuk ikan omnivora. Artinya, bukan hanya memakan jenis hewan saja tapi juga mengkonsumsi berbagai makanan dari tumbuhan. Sekam padi bisa menjadi pilihan karena harganya yang terjangkau dan mudah untuk didapatkan. Caranya dengan mencampurkan sekam padi dengan tetes tebu atau tepung. Berikutnya berikan ke ikan mas tersebut.

Anlisis Usaha Budidaya Ikan Mas

Bisnis budidaya sekarang sedang menjadi pilihan para pengusaha, salah satu budidaya yang banyak digemari adalah budidaya ikan mas. Hal itu terjadi karena ikan mas merupakan ikan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak, sehingga permintaan pasar terhadap ikan mas sangat tinggi.

Memulai Bisnis Budidaya Ikan Mas

Jika anda ingin memulai bisnis budidaya ikan mas, bisa dimulai dari pembuatan kolam tembok atau membeli kolam terpal. Selain itu anda juga harus memilih bibit ikan mas yang berkualitas, jika ingin tahu bibit ikan mas yang berkualitas, anda bisa mencarinya di toko hewan atau penjual ikan.

Tidak hanya kolam dan bibit, ada beberapa yang harus disiapkan sebelum memulai usaha budidaya ikan mas. Yang pertama adalah tempat budidaya atau lokasi, untuk budidaya anda harus menyiapkan lahan sekitar 100 meter untuk pembuatan kolam atau menaruh kolam terpal.

Disarankan lokasi yang tepat untuk membuat kolam atau kolam terpal adalah di sekitar pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Hal itu dilakukan agar pengusaha budidaya ikan mas lebih gampang dalam melakukan pemasaran karena dekat dengan tempat yang membutuhkan ikan mas.

Selain itu anda juga harus menyiapkan karyawan untuk membantu dalam pembersihan kolam atau memberi makan ikan-ikan. Untuk tahap permulaan anda bisa memperkerjakan satu atau dua orang dulu untuk membantu perkerjaan budidaya ikan mas anda.

Keuntungan Dan Kerugian Bisnis Ikan Mas

Dalam hal ini, ikan Mas biasa di jual baik satuan maupun kiloan. Jika untuk kelas budidaya tentu saja penjualannya adalah kiloan. Sedangkan harga perkilonya berkisar antara 35.000 hingga 50.000. Perubahan harga sendiri tergantung bagaimana kondisi pasar.  

Harga ini tentutermasuk tinggi untuk harga ikan. Apalagi jika ikan mas sudah panen, jika anda bisa memasarkannya dengan baik tentunya akan mendapat keuntungan yang sangat besar.

Sayangnya budidaya ikan mas juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah bisnis ini sudah banyak dilakukan oleh para pengusaha budidaya ikan dan anda yang baru terjun di bisnis ini akan mempunyai banyak saingan.

Namun jangan berkecil hati, karena anda masih bisa mencari lokasi yang belum ada penjual ikan sejenis, sehinga ikan milik anda bisa menjadi pilihan pasar di sekitar tempat anda melakukan budidaya.

Kembali membahas mengenai modal, modal pertama yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah sebesar 7.192.000, semua itu akan digunakan untuk membuat kolam atau membeli kolam terpal, menyewa lahan jika belum mempunyai lahan, membeli bibit ikan mas, serta peralatan lain yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini.

Sedangkan modal untuk menjalankan bisnis ini seperti makanan ikan, obat-obatan, vitamin, biaya angkut ikan untuk dibawa ke pasar, serta biaya air dan listrik membutuhkan 8.004.000.

Lalu, bagaimanakah dengan pendapatan kita dari hasil budidaya ikan mas ini? Apakah sebanding dengan pengeluaran yang ditulis diatas? Harga ikan mas bila berjumlah 9 kg adalah 405. 000 dan selama sebulan yaitu 30 hari anda bisa menjual 9 kg ikan mas selama 30 hari yang berarti pendapatan penjualan ikan mas selama sebulan adalah 12.150.000.

Jika hasil pendapatan 12.150.000 dikurangi modal operasional sebesar 8.004.000 adalah 2.446.688, yang berarti pendapatan bersih dari budidaya ikan mas ini adalah 2.446.688. Namun sebelum mendapatkan pendapatan bersih tersebut anda masih harus menunggu hasil panen ikan mas selama sekitar 3 bulan.

Itulah pembahasan mengenai budidaya ikan mas yang harus Anda ketahui jika ingin mencobanya. Budidaya jenis ikan ini kerap disepelekan oleh banyak orang. Namun nyatanya, hasil budidaya didalamnya sangat menghasilkan. Berapa banyak pembudidaya yang sukses jika melakukan budidaya dengan telaten.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Gurami di Beragam Tempat

Sebelum mencoba budidaya, Anda harus menentukan terlebih dahulu wadah yang digunakan untuk budidaya. Anda bebas mau memilih wadah apa yang digunakan untuk budidaya. Hanya saja sesuaikan dengan budget dan kondisi. Selamat berbudidaya ikan mas dan semoga mendapat hasil yang memuaskan dari budidaya yang Anda lakukan. Kerja keras dan sabar adalah bagian penting dari budidaya ini.

jenis ikan mas

20 Jenis Ikan Mas atau Karper, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

15 Cara Budidaya Ikan Bandeng dengan Berbagai Media