in

3 Jenis Ikan Bandeng, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Jenis Ikan Bandeng – Bandeng atau bernama latin Chanos chanos adalah salah satu jenis ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dengan daging yang lembut dan kaya akan protein. Mengkonsumsi bandeng akan memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis ikan bandeng yang perlu diketahui.

Dari ketiga jenis tersebut, ada beberapa perbedaan yang memang terlihat cukup signifikan. Ingin tahu lebih banyak? Yuk simak informasi berikut ini.

Jenis Bandeng di Indonesia

1. Bandeng Air Tawar

Ikan Bandeng Air Tawar

Jenis pertama adalah bandeng air tawar. Sesuai dengan namanya, bandeng jenis ini memiliki habitat alami di air tawar. Bandeng air tawar memiliki rasa yang enak dan lezat, dagingnya pun sangat lembut ketika dimakan.

Namun dikarenakan hidup di air tawar, bandeng air tawar harus melalui proses pengolahan yang cukup lama guna menciptakan cita rasa yang jauh lebih lezat. Bumbu yang digunakan untuk mengolahnya haruslah yang dipastikan meresap dengan sempurna.

Dari segi aroma, setiap ikan pasti memiliki bau amis yang khas. Namun, bau amis dari bandeng air tawar tidak separah bau bandeng air laut. Bandeng air tawar justru lebih berbau tanah atau lumpur. Untuk menghilangkan bau ini, anda bisa mensiasati dengan mencucinya memakai jeruk nipis atau lemon.

Sudah bukan rahasia lagi jika ikan bandeng memiliki banyak duri yang tidak teratur. Namun, bandeng ikan tawar memiliki duri yang lebih sedikit ketimbang bandeng air laut. Hal ini dikarenakan bandeng air tawar hidup di habitat yang memiliki aliran air tenang.

Bandeng air tawar memiliki nutrisi omega 3 yang cukup tinggi. Namun, kandungan iodin pada bandeng air tawar tidak akan sebanyak bandeng air laut.

Untuk kisaran harga ikan bandeng air tawar setiap per kilo nya yaitu Rp. 17.000 – Rp. 30.000,.

2. Bandeng Air Laut

Ikan Bandeng Air Laut

Meski memiliki habitat yang berbeda, bandeng yang berasal dari air tawar maupun air laut memiliki nutrisi yang sama – sama bermanfaat. Dari segi rasa, bandeng air laut memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan khas. Maka dari itu, bandeng air laut tidak terlalu membutuhkan bumbu yang berlebihan untuk menambah kelezatannya.

Jika bandeng air tawar memiliki aroma yang lebih cenderung ke tanah atau lumpur, bandeng air laut memiliki aroma amis yang cukup kuat. Maka dari itu saat akan mengolah bandeng air laut, pastikan bahwa ikan telah tercuci bersih dan bau amis sudah benar – benar hilang.

Duri dari bandeng air laut cenderung lebih banyak dan tajam. Maka dari itu saat mengkonsumsinya, sebaiknya berhati – hati. Banyaknya duri pada bandeng air laut sangat dipengaruhi oleh arus air laut yang cenderung kuat.

Bandeng air laut memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Tidak hanya omega 3 saja, bandeng air laut juga mengandung protein dan iodin yang baik untuk tubuh.

Untuk kisaran harga ikan bandeng laut setiap per kilo nya yaitu Rp. 20.000 – Rp. 35.000,.

3. Bandeng Air Payau

Ikan Bandeng Air Payau

Selain dua jenis bandeng diatas, ada macam ikan bandeng air payau yang juga banyak dikonsumsi. Ciri – ciri yang bisa dilihat dari bandeng air payau adalah bentuki tubuhnya yang terlihat lebih panjang daripada jenis air tawar dan air laut.

Selain tubuhnya yang memanjang, ciri lain yang bisa terlihat dari bandeng air payau adalah tubuhnya terlihat pipih, oval, dan padat. Kepala dari ikan bandeng air payau tidak bersisik. Mulut ikan bandeng air payau terlihat lebih runcing dan berada di ujung. Ukuran mulutnya pun terlihat lebih kecil.

Bandeng air payau memiliki rahang namun tidak memiliki gigi. Bagian matanya memiliki kulit berwarna bening seperti selaput. Pada bagian insang, terdapat dua bagian yakni radii branhiostegi dan operculum suboperculum.

Sirip dada bandeng air payau terletak di belakang tutup insang, sedangkan sirip perutnya terletak di bagian bawah perut. Ikan bandeng juga memiliki sirip dubur yang terletak di dekat anus sampai bagian tengah ekornya.

Baca Juga: Jenis Ikan Kakap, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Cara Budidaya Ikan Bandeng Bagi Pemula

Budidaya Ikan Bandeng

Bagi anda yang ingin mencoba membudidayakan ikan bandeng, cara dan tips dibawah ini bisa menjadi patokan anda.

1. Menentukan Lokasi

Jika ingin membudidayakan ikan bandeng, lahan tentu menjadi bagian paling essensial. Meski terdapat tiga jenis habitat yang bisa ditinggali oleh ikan bandeng, membangun kolam air tawar akan jauh lebih baik.

Anda bisa menggunakan lahan kosong atau sawah yang dibentuk sedemikian rupa hingga terlihat seperti kolam air tawar. Sebagai informasi, ukurlah bagian kolam dengan tepat dan akurat.

Ukuran kolam menjadi bagian dasar dalam penentuan jumlah dan jenis bibit ikan bandeng. Sebagai tips, jika ingin membangun kolam baru, menumbuhkan plankton secara alami dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan bandeng.

2. Memilih Benih Terbaik

Meski sudah membuat kolam dengan fasilitas yang sempurna, jika tidak memiliki bibit unggul dan berkualitas tinggi, bisnis budidaya ikan bandeng bisa mengalami kerugian.

Maka dari itu, pilihlah benih ikan bandeng terbaik yang memiliki kualitas premium dan tidak rentan terhadap penyakit.

3. Teknik Penebaran Benih

Jika sudah memilih benih, teknik penebarannyan pun harus diperhatikan dengan baik – baik. Sebelum dilepas di kolam, benih terlebih dahulu di ternakkan di dalam ember atau bak besar.

Jika sudah, anda bisa langsung menebarnya di kolam. Cara ini dilakukan agar benih dapat tumbuh dengan baik dan maksimal. Pastikan juga jika benih yang anda masukkan berkualitas baik.

4. Perawatan Ikan

Sebagus apapun benih yang anda pilih, jika tidak dirawat dengan baik tentu akan rusak pula. Demi menjaga tumbuh kembang dari si ikan, perhatikan teknik pemberian makanan ikan bandeng dan kebersihan kolam.

Tetapkan waktu pembersihan kolam, dua minggu sekali misalnya. Untuk pemberian makanan, berilah jatah makan yang cukup dan tidak kurang.

5. Pemanenan

Tahap ini tentu menjadi yang paling ditunggu oleh para peternak ikan bandeng. Bandeng bisa dipanen setelah berumur 4 bulan. Pemanenan dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah air di kolam hingga habis, kemudian ikan bandeng dijaring.

Itulah ulasan lengkap mengenai jenis dan macam ikan bandeng serta cara budidaya ikan bandeng termudah yang bisa anda ikuti. Membudidayakan ikan bandeng bisa menjadi bisnis yang cukup menguntungkan. Tentu saja jika ditekuni dengan baik.

Baca Juga: Jenis Ikan Piranha, Ciri Fisik, Karakteristik, Harga dan Gambar

Selain memilih jenis yang sesuai, dalam hal ini Anda juga perlu memiliki kemahiran memilih pakan dan pemeliharaan hingga masa panen. Dengan kemampuan pemeliharaan ikan bandeng yang sempurna, maka akan semakin sukses pula proses budidaya yang dilakukan.

pakan ikan bandeng, makanan bandeng, pakan benih bandeng, makanan anakan bandeng, harga pakan bandeng

15 Jenis Pakan Ikan Bandeng Alami, Utama, Organik dan Alternatif

Budidaya Ikan Gabus

10 Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal, Beton dan Tanah